Saturday 13 April 2019

Dulu Madrid Mempunyai Ronaldo, Sekarang?

Mantan pelatih Real Madrid, Fabio Capello memberikan sebuah pendapat mengenai kesulitan yang sedang dialami oleh Los Galaitcos pada musim ini. Menurutnya Madrid mengalami kesulitan karena lawan bertandingnya tidak merasa takut lagi ketika Madrid ditinggal oleh sang mega bintang, Cristiano Ronaldo.

Musim ini merupakan musim dengan pencapaian yang paling buruk bagi Real Madrid. Sergio Ramos dan kawan-kawan tidak akan menutup musim tanpa mengangkat trofi pada musim ini karena mengalami penurunan performa permainan dalam La Liga Spanyol, tersingkir di babak 16 besar Liga Chamopions dan tereleminasi di Copa del Rey. Kepergian Ronaldo menjadi salah satu sebab Real Madrid mengalami musim yang buruk.


Untuk itu manajemen Real Madrid berharap kepada Zinedine Zidane untuk bisa mengamankan peringkat kedua pada klasemen akhir La Liga Spanyol, serta menganalisis kekurangan yang ada pada tim. Real Madrid akan mengeluarkan dana yang besar untuk bisa membangun skuat sempurna pada musim depan nanti.

Mengambil kesimpulan bahwa Ronaldo adalah salah satu penyebab Madrid terkesan sebuah mitos, tetapi bagi Capello itu memang sebuah fakta.

Mulai Kembali Lagi Dari 0

Menurut Capello Real Madrid dan Barcelona merupakan 2 tim istimewa di La Liga Spanyol selama bertahun-tahun. Karena mereka terlalu kuat, kedua tim ini bisa dibilang memulai pertandingan dengan keunggulan 1-0 yang berarti lawan harus bertanding dengan kekuatan ekstra untuk bisa memenangkan pertandingan.

Tetapi pada musim ini faktor keunggulan yang dimiliki oleh Madrid sama sekali tidak nampak. Capello yakin bahwa Los Galaticos mengalami kesulitan karena kehilangan sebuah faktor penentu itu.

"Saya selalu berkata kepada orang-orang bahwa Barcelona dan Madrid memulai pertandingan dengan memiliki sebuah keunggulan 1-0 dan jika anda ingin mendapatkan poin penuh anda harus setidaknya harus mencetak lebih dari 2 gol." kata Capello.

"Tahun ini, Madrid telah kehilangan faktor pendukungnya, sehingga memulai pertandingan dengan skor 0-0 seperti tim lainnya. Itulah yang membuat mereka mengalami banyak kesulitan."

Kharisma Ronaldo

Capello mengatakan jika ingin melihat betapa besarnya dampak yang diberikan Ronaldo, melihat Juventus pada musim ini sudah bisa menjelaskan segalanya. Tim yang bermain bersama Ronaldo pasti akan membuat lawan bermainnya menjadi ketakukan bahkan sebelum pertandingan dimulai, hal ini yang telah hilang dari Madrid.

"Sekarang anda bisa melihat bagaimana performa Juventus bersama dengan Ronaldo. Hanya dalam 1 musim bagaimana pencapaiannya. Dengan adanya Ronaldo membuat pemain bertahan lawan merasa ketakutan sebelum pertandingan dimulai dan itu tidak terjadi lagi di Madrid." tutup Capello.

Pencapaian Real Madrid pada musim ini sangat mengecewakan. Ini merupakan masa dimana Madrid tetap akan mengalaminya. Keburukan ini untung dengan cepat terjadi dan bisa dikatakan sebagai hal yang baik, dengan demikian Madrid akan siap untuk menutup kekurangan yang ada pada awal musim nanti

No comments:

Post a Comment